Selamat Datang di Blognya Mahasiswa Kedokteran

Perkenalkan saya Mahasiswa Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara . Saya mulai berada di fakultas ini sejak tahun 2015. Semoga apa yang telah saya bagikan mellaui blog ini dapat bermanfaat bagi kita bersama.

S a k i t

persepsi seseorang bila merasa kesehatannya terganggu. Penyakit adalah proses fisik dan patofisiologis yang sedang berlangsung dan dapat menyebabkan keadaan tubuh atau pikiran menjadi abnormal.

Life Long Learning

Belajar sepanjang hayat adalah suatu konsep, suatu idea, gagasan pokok dalam konsep ini ialah bahwa belajar itu tidak hanya berlangsung di lembaga-lembaga pendidikan formal seseorang masih dapat memperoleh pengetahuan kalau ia mau, setelah ia selesai mengikuti pendidikan di suatu lembaga pendidikan formal.

K E D O K T E R A N

suatu ilmu dan seni yang mempelajari tentang penyakit dan cara-cara penyembuhannya , cabang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang cara mempertahankan kesehatan manusia dan mengembalikan manusia pada keadaan sehat dengan memberikan pengobatan pada penyakit dan cedera , ini meliputi pengetahuan tentang sistem tubuh manusia dan penyakit serta pengobatannya, dan penerapan dari pengetahuan tersebut.

S e h a t

Keadaan keseimbangan yang sempurna baik fisik , mental dan sosial , tidak hanya bebas dari penyakit dan kelemahan.

Kamis, 28 Juli 2016

Fungsi Utama Kulit



Kulit berkontak langsung dengan lingkungan luar. Akibatnya , kulit melakukan banyak fungsi penting , yang sebagian besar bersifat protektif.

Perlindungan
Epitel berlapis dengan lapisan tanduk melindungi permukaan tubuh terhadap abrasi mekanik dan membentuk sawar fisik terhadap patogen atau mikroorganisme asing. Karena adanya lapisan glikolipid di antara sel-sel stratum granulosum, epidermis juga tidak permeabel terhadap ar. Lapisan ini juga mencegah hilangnya cairan tubuh melalui dehidrasi. Peningkatan sintesis pigmen melanin melindungi kulit dari radiasi ultraviolet.

Regulasi Suhu
Latihan fisik atau lingkungan yang panas meningkatkan proses berkeringat. Mekanisme ini memungkinkan hilangnya sebagian panas tubuh melalui penguapan keringan dari permukaan kulit. Selain berkeringat , termoregulasi uga mengakibatkan dilatasi pembuluh darah untuk memungkinkan aliran darah maksimum ke kulit. Fungsi ini juga meningkatkan pengeluaran panas. Sebaliknya , di daerah dingin , panas tubuh dipertahankan dengan konstriksi pembuluh darah dan penurunan aliran darah ke kulit.

Persepsi Sensorik
Kulit adalah organ sensorik bagi lingkungan luar. Banyak ujung saraf sensorik terbungkus dan bebas di dalam kulit berespons tehadap suhu (panas dan dingin) , sentuhan , nyeri dan tekanan.

Ekskresi
Melalui pembentukan keringat oleh kelenjar keringat , air , larutan garam , urea dan produk sisa bernitrogen dapat diekskresikan melalui permukaan kulit.

Pembentukan Vitamin D
Bila kulit terpapar sinar ultaviolet dari matahari , akan terbentuk vitamin D dan molekul prekursor yang di sintesis di dalam epidermis. Vitamin D diperlukan untuk absorpsi kalsium dari mukosa usus dan metabolisme mineral yang memadai.

0 komentar:

Posting Komentar