Selamat Datang di Blognya Mahasiswa Kedokteran

Perkenalkan saya Mahasiswa Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara . Saya mulai berada di fakultas ini sejak tahun 2015. Semoga apa yang telah saya bagikan mellaui blog ini dapat bermanfaat bagi kita bersama.

S a k i t

persepsi seseorang bila merasa kesehatannya terganggu. Penyakit adalah proses fisik dan patofisiologis yang sedang berlangsung dan dapat menyebabkan keadaan tubuh atau pikiran menjadi abnormal.

Life Long Learning

Belajar sepanjang hayat adalah suatu konsep, suatu idea, gagasan pokok dalam konsep ini ialah bahwa belajar itu tidak hanya berlangsung di lembaga-lembaga pendidikan formal seseorang masih dapat memperoleh pengetahuan kalau ia mau, setelah ia selesai mengikuti pendidikan di suatu lembaga pendidikan formal.

K E D O K T E R A N

suatu ilmu dan seni yang mempelajari tentang penyakit dan cara-cara penyembuhannya , cabang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang cara mempertahankan kesehatan manusia dan mengembalikan manusia pada keadaan sehat dengan memberikan pengobatan pada penyakit dan cedera , ini meliputi pengetahuan tentang sistem tubuh manusia dan penyakit serta pengobatannya, dan penerapan dari pengetahuan tersebut.

S e h a t

Keadaan keseimbangan yang sempurna baik fisik , mental dan sosial , tidak hanya bebas dari penyakit dan kelemahan.

Jumat, 29 Juli 2016

Histologi Lidah


Lidah adalah organ berotot di rongga mulut . Bagian tengah lidah terdiri atas jaringan ikat dan berkas-berkas serat otot rangka. Penyebaran dan orientasi masing-masing serat otot rangka lidah yang acak memungkinkan lidah bergerak bebas selama mengunyah , menelan dan berbicara. 

Papila 
Epitel permukaan dorsal lidah tidak teratur dan kasar karena adanya banyak tonjolan atau proyeksi yang disebut papila. Papila ini teridentasi oleh jaringan ikat di bawahnya yaitu lamina proparia . Semua papila lidah dilapisi oleh epitel berlapis gepeng yang memperlihatkan keratinisasi parsial atau inkomplit. Sebaliknya , epitel permukaan ventral lidah tampak licin.

Ada empat jenis papila di lidah , yaitu ;
1. Papila Filiformis , papila terbanyak dan terkecil di permukaan lidah dengan bentuk kerucut lancip.             Papila ini menutupi seluruh permukaan dorsal lidah.
2. Papila Fungiformis , yang lebih sedikit namun lebih besar  , tinggi , dan lebar daripada papila filiformis.      Papila ini berbentuk seperti jamur dan lebih banyak di bagian anterior lidah . Papila ini terselip di antara          papila filiformis.
3. Papila Sirkumvalata , jauh lebih besar daripada papila fungiformis atau filiformis dan berjumlah 8             sampai 12 buah , terletak di daerah posterior lidah. Papila ini memiliki ciri khas yaitu dikelilingi secara             sempurna oleh sulkus dalam . Banyak duktus ekskretorius dan kelenjar serosa di baahnya , terletak di           dalam jaringan ikat , bermuara ke dalam dasar sulkus.
4. Papila Foliata , berkembang baik pada hewan tertentu , tetapi rudimenter atau kurang berkembang           pada manusia.

0 komentar:

Posting Komentar