Selamat Datang di Blognya Mahasiswa Kedokteran

Perkenalkan saya Mahasiswa Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara . Saya mulai berada di fakultas ini sejak tahun 2015. Semoga apa yang telah saya bagikan mellaui blog ini dapat bermanfaat bagi kita bersama.

S a k i t

persepsi seseorang bila merasa kesehatannya terganggu. Penyakit adalah proses fisik dan patofisiologis yang sedang berlangsung dan dapat menyebabkan keadaan tubuh atau pikiran menjadi abnormal.

Life Long Learning

Belajar sepanjang hayat adalah suatu konsep, suatu idea, gagasan pokok dalam konsep ini ialah bahwa belajar itu tidak hanya berlangsung di lembaga-lembaga pendidikan formal seseorang masih dapat memperoleh pengetahuan kalau ia mau, setelah ia selesai mengikuti pendidikan di suatu lembaga pendidikan formal.

K E D O K T E R A N

suatu ilmu dan seni yang mempelajari tentang penyakit dan cara-cara penyembuhannya , cabang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang cara mempertahankan kesehatan manusia dan mengembalikan manusia pada keadaan sehat dengan memberikan pengobatan pada penyakit dan cedera , ini meliputi pengetahuan tentang sistem tubuh manusia dan penyakit serta pengobatannya, dan penerapan dari pengetahuan tersebut.

S e h a t

Keadaan keseimbangan yang sempurna baik fisik , mental dan sosial , tidak hanya bebas dari penyakit dan kelemahan.

Kamis, 14 Juli 2016

Telinga : Pendengaran

Telinga  melakukan dua fungsi yang tidak berkaitan :
1. Pendengaran , yang melibatka telinga luar , telinga tengah , dan koklea telinga dalam.
2. Sensasi keseimbangan , yang melibatkan asparatus vestibularis telinga dalam. 
  Sel reseptor yang terletk di telinga dalam –sel rambut di koklea dan aparatus vestibularis adalah mekanoreseptor.

Pendengaran bergantung pada kemampuan teliga mengubah gelombang suara di udara menjadi deformasi mekanis sel-sel rambut auditorius sehingga memicu sinyal saraf. Gelombang suara terdiri dari daerah penekanan molekul udara bertekanan tinggi yang berselang-seling dengan daerah penjarangan bertekanan rendah. Nada suara ditentukan oleh frekuensi gelombangnya , kekuatan (intensitas) oleh amplitudo gelombang , dan timbre (warna suara) oleh overtone khasnya.
Gelombang suara disalurkan melalui saluran telinga luar ke membran timpani , yang bergetar sinkron dengan gelombang tersebut . Tulang-tulang telinga tengah yang menjembatani celah antara membran timpani dan telinga dalam memperkuat getaran membran timpani dan menyalurkannya ke jendela oval , yang getarannya menimbulkan perambatan gelombang di cairan koklea.
 Gelombang ini , yang frekuensinya sama dengan gelombang suara semula , menyebabkan membran basilaris bergerak. Berbagai bagian membran ini secara selektif bergetar lebih kuat sebagai respons terhadap berbagai frekuensi suara. Ujungnya yang kaku dan sempit di dekat jendela oval bergetar paling baik dengan nada berfrekuensi tinggi , dan uungnya yang lebar dan fleksibel di dekat helikotremabergetar paling baik dengan nada berfrekuensi rendah.
Di atas membran basilaris terdapat sel rambut dalam organ Corti , yang stereosilianya (“rambut”) menekuk ketika membran tektorium stasioner di atasnya , yang terhadapnya rambut berkontak.
Diskriminasi nada bergantung pada bagian membran basilaris yang bergetar maksimal secara alami pada frekuensi tertentu . Diskriminasi kekuatan bergantung pada amplitudo getaran. Penekukan rambut di daerah membran basilaris yang bergetar maksimal ini diubah menjadi sinyal saraf yang ditransmisikan ke korteks pendengaran  di lobus temporalis otak untuk persepsi suara.
Aparatus vestibularis di telinga dalam terdiri dari :
1. Kanalis semisirkularis , yang mendeteksi  percepatan atau perlambatan rotasional dalam semua arah .
2. Utrikulus dan sakulus , yang secara kolektif mendeteksi perubahan laju gerakanan linier dalam semua arah dan memberi informasi yang penting untuk menentukan posisi kepala dalam kaitannya dengan gravitasi . Sebagai respons terhadap deformasi mekanis sel rambut vestibular oleh gerakan spesifik cairan dan struktur-struktur terkait di dalam organ-organ indera ini terbentuklah sinyal saraf.

Masukan vestibular disalurkan ke nukleus vestibularis di batang otak dan ke serebelum untuk digunakan dalam mempertahankan keseimbangan dan postur , mengontrol gerakan mata, dan merasakan gerakan dan orientasi. 

0 komentar:

Posting Komentar